Kamis, 16 Mei 2013

artikel tentang polri


Pujian Buat Polri, Tak Lelah Berantas Terorisme
Oleh: Yoga Pratama Tarigan
(Mahasiswa Jurusan PPKN Universitas Negeri Medan)
Untuk menjaga keamanan dan ketertiban dari warga negara adalah salah satu tanggung jawab dari sebuah Instansi di bawah naungan pihak eksekutif yakni Kepolisian Republik Indonesia. Untuk hal itu tadilah instansi hadir di tengah-tengah kita tetapi belakangan ini citra dari instansi ini mengalami penurunan citra baik di mata masyarakat. Pihak Polri mencoba memperbaiki citranya yang seakan buruk dengan banyaknya petinggi-petingginya yang terkena kasus korupsi maupun suap dan cara memperbaiki citra itu tak lain tak bukan ialah dengan memberikan keamanan yang seutuhnya kepada masyarakat pada umumnya. Pemberian keamanan tersebut dilakukan pihak polri dengan membrantas kelompok-kelompok yang mencoba mengobrak abrik kedalautan negara dan mengancam keamanan bagi warga negaranya.
Kelompok-kelompok itulah yang dinamakan kelompok peneror atau yang biasa disebut dengan terorisme. Kelompok ini adalah kelompok dengan macam-macam ideologi dan macam-macam niat tapi yang jelas dengan adanya kelompok ini masyarakat tidak pernah tenang sebab kelompok ini dapat melakukan apapun demi tujuan utamanya. Terorisme ini kian di basmi kian tumbuh, kian ada dengan macam-macam ideologi seakan ingin membuat pihak polri bosan tetapi satu kata pujian yang perlu di sematkan kepada pihak polri yakni “tidak pernah lelah” itulah kata yang sepatutnya di berikan kepada pihak polri karena kinerjanya yang selalu senantiasa dalam membrantas kelompok terorisme tersebut.
Pujian itu patut disematkan kepada pihak polri dimana beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 8 Mei 2013 pihak polri dapat meringkus kelompok teroris di berbagai tempat di Indonesia pada khususnya di pulau Jawa dan daerah tersebut diantaranya Jakarta, Tangerang, Batang, Bandung, Kebumen dan Kendal dimana pada saat itu pihak polri dapat menangkap 17 orang dalam keadaan hidup sementara 7 orang lainnya tewas walaupun hal ini masih dikatakan sebagai terduga teroris namun banyak bukti yang membuat pihak ini adalah teroris hal itu terlihat dengan di temukannya bahan peledak dan senjata api di tempat kejadian.
Teroris ini adalah musuh bersama seluruh komponen dari negara Republik Indonesia, jika dahulu kelompok teroris dalam menjalankan aksinya memperoleh dana dari suatu pihak tapi seiring berjalannya waktu teroris ini mencari sendiri dananya dengan cara mereampok. Dan hasil rampokkan tersebut dijadikan sebagai modal dalam menjalankan aksinya.
Apresiasi Buat Polri
Dengan berhasil di ringkusnya pihak-pihak terduga teroris ini citra polri dalam menjaga kedaulatan negara di mata masyarakat sedikit mengalami kenaikan kenapa tidak di isukan pihak terduga teroris ini digadang-gadang akan melaksanakan aksinya di kedubes Myanmar dalam rangka aksi solidaritas kaum muslim. Jika hal itu terjadi banyak pihak yang dirugikan mulai dari rendahnya keamanan negara Republik Indonesia di mata dunia sampai hal yang sangat tidak diharapkan adalah hilangnya nyawa orang-orang yang tak bersalah. Dengan telah ditangkapnya pihak ini maka masyrakat sedikit merasa lebih aman lagi dalam beraktifitas di negara ini karena memang kelompok ini adalah kelompok yang sangat berbahaya dalam tanda kutip adalah kelompok yang “siap mati” sungguh mengerikan jika memang kelompok ini berideologi demikian. Selain hal itu dengan ditangkapnya kelompok ini maka akan membuat pihak-pihak lain yang ingin melakukan aksi-aksi berbau teror akan berpikir dua kali untuk melaksanakan aksinya selain itu dengan adanya terduga teroris yang masih tertangkap hidup-hidup adalah angin segar buat polri dimana dengan adanya hal itu untuk pengembangan hal ini semakin mudah. Pujian yang sangat tinggi di ucapkan oleh berbagai pihak kepada polri dengan keberhasilannya ini.
Kesimpulan dan Solusi
Pihak apapun dengan kinerja dan senjata bagaimanapun yang ingin membuat kemanan di dalam negara ini menjadi terganggu akan menjadi musuh semua pihak di negara ini terutama Polri. Sungguh ucapan terimakasih yang masyarakat bisa katakan dengan kinerja kalian (Polri) sebab jika negara ini aman dan tentram dari gangguan kelompok-kelompok teroris maka semua akan menjadi nyaman serta penghargaan sebagai instansi pahlawan akan tersemat di pundak kalian yang di persembahkan oleh masyarakat dan kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi sebab dalam menjalankan hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah harus mempertaruhkan nyawa jadi lebih keras lagi dalam membrantas teroris sebab seluruh komponen masyarakat akan mendukung aksi tersebut.
Walaupun pihak yang di bekuk tersebut masih dikatakan sebagai terduga teroris tetapi bukti-buktinya mengatakan bahwa mereka adalah teroris, berangkat dari hal itu pernah beberapa kali Polri salah dalam menangkap tentulah hal itu sangat tidak di harapkann maka selaku masyarakat saya berpesan kepada polri agar lebih tangkas lagi dalam mencari informasi agara tidak lagi terulang lagi kejadian salah dalam menangkap selain itu pihak polri juga perlu intropeksi dalam proses penangkapan dalam arti kata dalam proses penangkapan seharusnya lebih taktis tidak harus memakan waktu yang berjam-jam karena dalam waktu yang semakin lama akan bisa menimbulkan peluang terjadi sesuatu yang tidak di harapkan juga. Pihak polri sudah saatnya lebih jauh lagi melangkah selain membrantas yakni langkah dalam pencegahan denga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai ciri-ciri yang bagaimana yang bisa dicurigai sebagai pihak-pihak teroris agar masyarakat dapat mengenali dan tidak mudah terpengaruh dan ikut kedalam hal tersebut, dalam memberikan sosialisasi lebih utama polri harus memberikan sosialisasi kepada kaum-kaum pemuda sebab pemuda dalam berpikir masih cenderung labil serta tingginya rasa ingin tahu hal itulah yang menyebabkan pemuda mudah di rekrut untuk menjadi anggota atau ketua dari kelompok teroris tersebut, jadi jangan ditunda lagi segeralah lakukan sosialisasi tersebut. Sebagai kesimpulan kepada polri pujian yang tinggi terucap dalam membrantas terorisme sebab terorisme adalah benalu yang harus di basmi atau disadarkan dalam bumi nusantara demi terciptanya negara yang aman. Semoga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar