artikel


Harapan Rakyat Lewat Sosial Media Sang Pemimpin
Oleh: Yoga Pratama Tarigan
(Mahasiswa PPKN Fakultas Ilmu Sosial UNIMED)
Suara rakyat adalah suara tuhan mungkin itulah semboyan yang mengambarkan betapa besar dan berdaulatnya rakyat di negara yang berdemokrasi di seluruh di dunia termasuk negara Indonesia ini. Kepentingan dan keinginan rakyat adalah hal yang harus diwujudkan demi tercapinya kewibawaan rakyat tanpa harus menelenjangi hak dan kewajiban dari rakyat itu sendiri. Terkadang rakyat ingin menyampaikan keluh dan kesah serta aspirasinya kepada sang pemimpin dan wakil-wakilnya yang ada di parlemen sana tetapi hal itu terlihat sangatlah sulit mengingat begitu penting dan sulitnya untuk di temui pemimpin negara ini yakni presiden Republik Indonesia. Dari hal itu banyak yang terinspirasi membuat sebuah sensasi hingga tersorot media cetak maupun media elektronik sehingga keinginanya dan aspirasinya terpenuhi oleh presiden mulai dari naik sepeda ke istana negara, berjalan kaki sampai ke istana negara dan macam-macam lainnya hal itu menggambarkan bahwa sulitnya berkomunikasi dengan pemimpin kita yang berwibawa tersebut.
Tetapi belakangan ini kabar yang membahagaiakan di dengar oleh rakyat Indonesia dimana kabar ini mencuat di tengah pedas dan panasnya kuping dan mata rakyat mendengar kabar-kabar keboborokan pemerintah dan elite politik senayan itu dan kabar bahagia itu tak lain tak bukan adalah dengan di luncurkannya social media/akun resmi milik pemimpin negara ini melalui social media twitter. Saya harapkan pembaca bisa memfollow akun twitter sang pemimpin tersebut yakni @SBYUDHOYONO dan satu lagi akun yang bertajuk istana untuk rakyat. Walaupun yang dilakukan oleh pak presiden ini cukup terlambat di bandingkan dengan kepala-kepala negara lain yang telah terlebih dahulu memiliki akun twitter  tapi tidaklah jadi masalah asalkan niatnya memang untuk lebih dekat dengan rakyat dan mengerti keinginan rakyatnya sehingga tidak lagi tercermin sulitnya untuk berkomunikasi dengan presiden republik ini.
Keterbukaan Rakyat tanpa Batas
Dengan diluncurkannya akun resmi miliki kepala negara (presiden) negara Indonesia ini maka dapat tercemin keterbukaan rakyat melapor dan mengkritik tanpas batas dengan sang presiden walaupun tetap ada aturan penggunaan karakter yang di gunakan di twitter terbatas tetapi keluh kesah,aspirasi dan kritik dari rakyat tentulah akan tersampaikan dengan bebasnya atau tanpa batas. Rakyat bebas bersuara kepada pemimpinnya asalkan yang menjalankan akun tersebut pak Susilo Bambang Yudhoyono secara langsung, sebab jika yang menjalankannya bukan presiden itu sendiri maka keluh dan kesah rakyat itu akan sia-sia belaka karena tetap saja tidak akan di lihat oleh beliau (Presdien) secara langsung. Keterbukaan rakyat ini tentunya akan juga menaikkan partisipasi rakyat dalam berpolitik dan membangun negara dan juga menaikkan partisipasi rakyat dalam berteknologi, apalagi jika keluh kesah mereka (rakyat) di tanggapi dan di realisasi maka bukan tidak mungkin elektabilitas dari presiden serta partai yang di bawanya akan naik secara signifikan.
Harus Kuat Hati Pak Presiden
 Niat apapun dari sang presiden dengan membuat akun twitternya bukanlah menjadi persoalan yang penting keefektifannya dalam menanggapai segala hal yang masuk di akun tersebut, Presiden haruslah kuat hati dan tak boleh selalu dan selalu kian mengeluh karena bisa jadi kritik-kritik yang pedas dari penggunan twitter yang hal itu notabene adalah rakyat juga. Segala tindakan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di twitter akan menjadi sorotan  dari dalam negeri maupun luar negeri karena statusnya selaku pemimpin negara. Tentu memori kita masih ingat dengan isu-isu kudeta yang bergulir di masyarakat terhadap presiden kita yang ini dan tindakan beliau terlihat sangat ketakutan dengan penjagaan yang begitu ketat di titik-titik penting tetapi dengan meluncurnya twitter beliau ini presiden sangatlah diharapkan tindak ada intervensi dari pihak kepresidenan terhadap segala kicauan yang beredar di akun beliau, presiden harus kuat hati dalam melihat segala kritikan-kritikan yang akan di kicaukan oleh kalangan-kalangan masyarakat secara luas karena dengan hal itu presiden kita ini pastilah akan jauh lebih dihormati di mata masyarakat secara umum.
Titipan Pesan
Harapan tercurah dengan munculnya media tempat rakyat bersuara dengan hadiah dapat berkomunikasi dengan presidennya secara langsung, kabar baik yang haruslah kita apresiasi dengan baik. Diharpkan dengan munculnya akun beliau yang ini aspiras rakyat akan di dengarkan dan di tindak lanjuti dengan catatan tanpa ada intervensi terhadap kicauan rakyat kedalam twitter beliau serta selain itu beliau juga harus berkicau lewat twitternya atau lewat media massa dan elektronik tentang kebebasan dalam menyampaikan pendapat kedalam akun beliau sehingga rakyat tidak akan merasa takut untuk berkicau.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar